Pelaksanaan Penilaian Otentik Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Mulia Bhakti Makassar

Authors

  • Muh. Saleh Akper Mappa Oudang Makassar

Keywords:

Penilaian otentik, keterampilan menulis, deskriptif kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian otentik keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Mulia Bhakti Makassar. Deskripsi pelaksanaan penilaian otentik meliputi deskripsi pelaksanaan penilaian otentik keterampilan menulis, teknik penilaian otentik yang digunakan, kendala yang dialami guru dalam pelaksanaan penilaian otentik keterampilan menulis, dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala pelaksanaan penilaian otentik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan melalui wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Data-data tersebut dianalisis dengan teknik  analisis  data  kualitatif  melalui empat  tahap,  yaitu:  pengumpulan  data,  reduksi data,  penyajian  data,  dan  penarikan  kesimpulan.  Keabsahan  data diperoleh  melalui  proses triangulasi data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap guru telah melaksanakan penilaian otentik keterampilan menulis. Teknik penilaian yang diterapkan beragam dan sesuai dengan acuan Kurikulum 2013. Teknik penilaian yang digunakan yakni; penilaian sikap (pengamatan, penilaian diri, penilaian antarpeserta didik, dan jurnal), penilaian pengetahuan (tes tulis, tes lisan, dan penugasan kelompok atau mandiri), dan penilaian keterampilan (tes praktik, tugas proyek, dan  portofolio). Hal tersebut  ditunjukkan  melalui  data  kualitatif  yang berupa fakta-fakta di lapangan. Namun, dalam pelaksanaannya, guru masih mengalami berbagai macam kendala. Kendala tersebut antara lain, peserta didik, guru, dan keterbatasan waktu. Meskipun demikian, guru melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi kendala yang dialami. setiap  guru masih terus berusaha melakukan penilaian otentik keterampilan menulis dengan lebih baik dan maksimal.

 

References

Abdurrahman, Mulyono. 1996. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Guru, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Creswell, John.W. 2010. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daeng, Nurjamal, Warta Sumirat, dan Riadi Darwis. 2011. Terampil Berbahasa (Cetakan kedua). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa (cetakan kedua). Bandung: PT Rosda Karya.

Kemdikbud.2013. Perubahan Pola Pikir dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta DidikBerdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Grafindo Persada.

Maryam, Siti. 2014. Penerapan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, FBS, UNY.

Nurgiyantoro, Burhan dan Pujiati Suyata. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPFE: Yogyakarta.

________. 2011. Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurjamal, Daeng, Warta Sumirat, dan Riadi Darwis. 2011. Terampil BerBahasa. Bandung: Alfabeta.

Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Saputri, Wardani Ayu. 2015. Pelaksanaan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Ngemplak.Skripsi.Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, UNY.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Published

2020-05-31

How to Cite

Muh. Saleh. (2020). Pelaksanaan Penilaian Otentik Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Mulia Bhakti Makassar. Jurnal Keperawatan Mappa Oudang, 2(1), 1-17. Retrieved from https://e-jurnal.akpermpd.ac.id/jukpermo/article/view/5